Rabu, 16 Mei 2018

Pentingnya Menjaga Hutan Mangrove Bagi Kehidupan



Pengertian


Hutan mangrove merupakan sekumpulan pepohonan yang tumbuh lebat diarea sekitar garis pantai. Hutan ini dipengaruhi oleh pasang surutnya air laut. Hutan ini juga berada pada tempat yang mengalami akumulasi bahan organik. Hutan mangrove atau biasa kita kenal dengan sebutan hutan bakau merupakan sebuah ekosistem yang bersifat khas karena adanya aktivitas daur penggenangan oleh pasang surut air laut. Pada habitat ini hanya pohon bakau yang mampu bertahan hidup dikarenakan proses evolusi serta adaptasi yang telah dilewati oleh pohon bakau. 

Fungsi


Hutan mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi kehidupan diantaranya :
1. Sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang dapat mengikis pantai(abrasi), dengan kata lain tumbuhan mangrove dapat menjaga daratan disekitarnya.
2. Sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2) dan penghasil oksigen (O2).
3. Sebagai tempat hidup berbagai macam biota laut seperti ikan-ikan kecil untuk berlindung dan mencari makan. Selain biota laut juga ada biota daratan yang hidup di pohon mangrove Dari beberapa fungsi hutan mangrove yang telah dipaparkan di atas, tentunya hal yang paling esensial bagi kelangsungan hidup kita adalah fungsi hutan mangrove sebagai penghasil oksigen serta sebagai penahan abrasi. Rusaknya hutan mangrove dapat mengakibatkan hilangnya fungsi-fungsi tersebut. Disamping itu ekosistsm juga tidak akan stabil.

Luas Hutan Mangrove Di Indonesia


Saat ini Indonesia memiliki ekosistem mangrove terluas di dunia serta memiliki keanekaragaman hayati yang paling tinggi. Dengan panjang garis pantai sebesar 95,181 km2, Indonesia mempunyai luas mangrove sebesar 3.489.140,68 Ha (tahun 2015). Jumlah ini setara dengan 23% ekosistem mangrove dunia yaitu dari total luas 16.530.000 Ha.. Dari luas mangrove di Indonesia, diketahui seluas 1.671.140,75 Ha dalam kondisi baik, sedangkan areal sisanya seluas 1.817.999,93 Ha dalam kondisi rusak.


Kesimpulan


Mengingat begitu pentingnya hutan mangrove bagi kelangsungan hidup kita, perlu adanya solusi untuk penanggulangan masalah yang selama ini terjadi pada hutan mangrove. Solusi yang dapat dilakukan adalah :
1. Membuat lahan konservasi terhadap hutan mangrove.
2. Melakukan reboisasi terhadap seluruh hutan yang ada. Bukan hanya hutan mangrove saja tetapi semua hutan juga perlu direboisasi.
3. Penyuluhan terhadap masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di pesisir pantai mengenai pentingnya menjaga dan merawat hutan mangrove.
4. Sanksi hukum yang tegas terhadap orang yang merusak hutan mangrove.
Kelestarian alam sangatlah penting bagi kita. Menjaga hutan mangrove merupakan bagian dari tindakan nyata atas kepedulian kita terhadap alam. Mulailah dari diri sendiri. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaganya. Dan Ingatlah kerusakan dan kehancuran bumi ini merupakan akibat dari manusia itu sendiri.

~~Marilah kita jaga alam ini demi kehidupan yang cerah untuk anak cucu kita nanti.~~

Related Posts

Pentingnya Menjaga Hutan Mangrove Bagi Kehidupan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.