Jumat, 04 Mei 2018

Kerusakan Lingkungan Hidup



Kerusakan lingkungan hidup semakin hari semakin parah. Kondisi tersebut secara langsung mengancam kehidupan manusia. Penyebab terjadinya kerusakan alam dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu akibat dari peristiwa alam dan akibat ulah manusia.
Pada tahun 2004 High Level Threat Panel Challanges and Change United Nations, memasukan degradasi lingkungan sebagai salah satu dari sepuluh ancaman terhadap kemanusiaan. Beberapa contoh akibat kerusakan lingkungan hidup berupa tanah longsor, banjir, pemanasan global, hujan asam, dan lain sebagainya.
Beberapa fakta yang terkait tingginya kerusakan lingkungan akibat kegiatan manusia :
a.       Laju deforestasi mencapai  1.8 juta hektar/tahun yang mengakibatkan 21% dari 133 juta hektar  hutan Indonesia  hilang.
b.      30% dari 2.5 juta hektar terumbu karang di Indonesia mengalami kerusakan.
c.       Tingginya pencemaran udara, air,  dan tanah di Indonesia.
d.      Ratusan biota laut terancam punah.

Lingkungan hidup menjadi tempat tinggal dan hidup manusia. Kondisi lingkungan akan berpengaruh langsung terhadap kondisi manusia. Oleh karena itu marilah kita menjaga lingkungan agar tidak terjadi kepunahan dan kerusakan. Karena bahwa sesungguhnya manusia di dunia ini diperintahkan berbuat baik dengan manusia juga dengan lingkungan(apk/ran/amd).

Related Posts

Kerusakan Lingkungan Hidup
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.