Jumat, 09 September 2016

Bilangan? Siapakah Penemunya?

Assalamu'alaikum wr wb.
                Bilangan, semua tau apa itu bilangan, yang selalu keluar saat pelajaran matematika. Bilangan, semua orang rata-rata tau, dari angka 1 sampai tak terhingga. Tetapi rata-rata orang tidak tau asal muasal bilangan, mau tau siapa penemunya?? Langsung aja yuk!. Apakah penemu bilangan itu orang barat?? Bukan yang sebenarnya itu penemu bilangan itu adalah orang  Arab yang bernama Muhammad Bin Musa Al-Khawarizmi. Mau tau yang lebih lanjutnya? Ayo langsung saja simak sejarah ini. Bilangan sangat dibutuhkan oleh setiap manusia untuk menghitung ini, itu. Tanpa adanya bilangan semua akan susah, dahulu kala ada bilangan romawi, bilangan india. Semua itu bilangan yang sulit dipahami, contohnya angka romawi, bandingkan untuk menulis angka 2016  dengan angka romawi MMXVI yang sulit, coba bayangkan menulis angka 67254854871419 dengan angka romawi XCMIIXXCMCXIMXCV(ERROR!!!!)pasti sangat pusingkan. Nah sejak itulah Al-Khawarizmi berfiikir dan membuat angka(bilangan) yang kita ketahui saat ini.

Angka-angka di atas merupkan temuan Al-Khawarizmi,  kita semua sudah salah kaprah tentang bilangan-bilangan ini, Kenapa?? Sebenarnya angka di atas adalah angka ARAB yang di temukan Al-Khawarizmi, sih bagaimana ceritanya?? Trus angka ARAB yang kita tau yang  ١٢٣٤ itu angka apa??? Itu sebenarya angka india yang disempurnakan oleh Al-Khawarizmi, tapi kenapa yang kita tau sebelumnya angka yang di atas, angka yang 1,2,3,4,… berasal dari barat?? Menurut sejarah angka tersebut banyak yang menyebar di daerah barat seperti di Spanyol, dll. Sedang angka ١٢٣٤ banyak menyebar di daerah timur, sebab itulah orang timur mengira, angka 1,2,3 itu angka barat, yang sebenarnya itu angka ARAB asli, dan angka ١٢٣٤ itu adalah angka india yang disempurnakan. Angka ० १ २ ३ ४ ५ ६ ७ ८ ९.
Merupakan angka India dan bandingkanlah dengan angka Arab yang kita tau ternyata angka India yang di sempurnakan ۰١ ٢ ٣ ٤ ٥ ٦ ٧ ٨ ٩ bagaimana hampir miripkan?. Filosofi terbentuknya angka(bilangan) 1,2,3 adalah angka 1 yang mempunyai sudut 1, angka 2 mempunyai sudut 2 dan seterusnya, seperti pada gambar di bawah:
Sekarang sudah tau kan!? Bila ingin yang lebih jelas lagi sahabat bisa menonton video KHAZANAH Trans 7 tentang penemu bilangan.
Sekian dari saya, maaf bila ada penulisan teks yang salah.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Related Posts

Bilangan? Siapakah Penemunya?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.