Jumat, 17 Mei 2019

Seberapa Pentingkah Pohon Itu?


Pohon?


Secara umum pohon adalah ialah tumbuhan yang berkayu, dan terbagi menjadi dua kelompok, dikotil dan monokotil, kita sudah mengetahui bagaimana pohon itu. Tapi tak semua orang memahami akan arti pentingnya pohon. Mereka tak merasa bersalah menebang pohon tanpa memperhatikan kelangsungannya. Mereka tak merasa bersalah membakar berhektar-hektar lahan yang penuh dengan pohon. Jadi akankah pohon hanya sebatas 'simbol'?

Jadi sebenarnya apakah fungsi pohon itu?



1. Pohon dapat membersihkan udara dari berbagai partikel yang dapat mecemari udara. 

Dalam sebuah penelitian di Amerika, disebutkan bahwa pohon diperkotaan mampu menyelamatkan rata-rata satu kehidupan per tahun di tiap kota karena pohon membersihkan udara dari partikel udara yang kotor. Pohon juga sering disebut “paru-paru Bumi” karena oksigen yang dihasilkan bagi seluruh makhluk hidup.

2.  Mengendalikan suhu dan kelembaban

Menanam pohon ternyata dapat mengurangi terciptanya udara panas di perkotaan. Inilah salah satu alasan penting untuk menanam pohon di mana pun tempat tinggal kamu.

3. Pengendali berbagai bencana alam

Pohon yang terdapat di hutan daerah dataran  tinggi menyimpan sejumlah air yang besar dan akan mengalir menuruni bukit kemudian mengalir di sepanjang sungai. Jika tidak ada pohon, air itu akan mengalir tanpa hambatan karena tidak ada pohon yang turut menyerap air tersebut. 



4. Tempat tinggal binatang

Fungsi pohon juga digunakan oleh satwa sebagai tempat tinggal dan makanan mereka. Habitat ini mendukung berbagai kehidupan hewan untuk tetap menjaga populasinya agar tidak terjadi kepunahan.







Akhir kata

Jadi... masihkah kau ingin merusak pohon? ingat semua bencana yang terjadi di bumi ini karena ulah manusia sendiri. Jadi rawatlah pohon, rawatlah lingkungan sekitar kita dengan penuh cinta :D.


Related Posts

Seberapa Pentingkah Pohon Itu?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.