Jumat, 31 Agustus 2018

Lingkungan Sekitar Penting Untuk Dijaga




                Secara umum lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi, surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan. Sedangkan lingkungan sekitar mempunyai defnisi yang sama namun beda dalam cakupannya. Lingkungan sekitar mencakup daerah yang lebih terbatas, contohnya yang ada di sekeliling tempat tinggal baik berupa tanah, air, hewan, tumbuhan, dan benda lain yang termasuk sumber daya alam.
                Lingkungan terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia, dan mikro-organisme(virus dan bakteri. Sedangkan komponen abiotik adalah segala sesuatu yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi, dan benda lain yang termasuk sumber daya alam namun benda yang tidak bernyawa. Komponen-komponen ini saling menyatu menjadi serangkaian ekosistem. Jika salah satunya rusak maka akan terjadi ketidakseimbangan lingkungan. Contohnya air sungai yang sudah tercemar limbah pabrik, dengan kondisi seperti ini air tersbut akan membahayakan makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, dan manusia. Ikan-ikan yang ada di sungai akan mati karena keracunan begitu pula tumbuhan di sekitarnya.
                Untuk memberantas hal yang tidak diinginkan seperti pada contoh, kesadaran dan kepekaan masyarakat harus ditingkatkan. Berbagai program bisa dilakukan. Contohnya melalui penyuluhan kepada masyarakat  yang awam khususnya.
Secara umum fungsi lingkungan adalah :

  1. Sebagai tempat untuk bertahan hidup
Lingkungan hidup merupakan suatu tempat dimana di dalamnya terdapat unsur-unsur yang saling memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Seperti :
Ketersediaan udara yang sangat diperlukan untuk sistem pernafasan baik bagi manusia maupun makhluk hidup yang lainnya. Selain itu, udara juga sangat diperlukan untuk membantu proses fotosintesis pada tumbuh-tumbuhan.
Ketersediaan sinar matahari yang bermanfaat sebagai sumber energi cahaya
Ketersediaan air yang dipergunakan untuk minum, mandi, irigasi, pembangkit listrik, dan lain sebagainya.
Ketersediaan hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sumber nutrisi, yaitu berupa produk hewani dan nabati. Selain sebagai sumber nutrisi, keberadaan hewan dan tumbuhan juga dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan seperti berupa pakaian.
Ketersediaan lahan yang merupakan suatu kebutuhan bagi manusia untuk mendirikan sarana dan prasarana yang dapat membantu menunjang kehidupan manusia seperti bangunan tempat tinggal, sarana pendidikan, sarana hiburan, dan lain sebagainya.
2. Sebagai tempat untuk bersosialisasi
Manusia merupakan makhluk sosial. Mereka tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang yang lain. Lingkungan hidup menjadi tempat yang strategis bagi manusia untuk menciptakan tempat tinggal yang baik, dimana dalam satu lingkungan tersebut terdiri dari kumpulan manusia yang hidup saling berdampingan, bekerja sama, dan saling tolong menolong.
3. Sebagai tempat untuk mencari kekayaan
Banyak sekali kekayaan alam yang terkandung dalam lingkungan hidup, seperti keberadaan barang-barang tambang seperti emas, perak, batu bara, nikel, minyak bumi, dan barang tambang lainnya. Barang-barang tambang tersebut merupakan salah satu sumber utama bagi pendapatan manusia, dimana barang-barang tambang tersebut nantinya dapat diolah menjadi berbagai jenis produk seperti perhiasan, bahan bakar, dan lain sebagainya. Selain barang-barang tambang tersebut, ketersediaan hewan dan tumbuhan juga ikut mendukung perekonomian manusia, seperti untuk peternakan, perkebunan, pertanian, nelayan maupun sebagai bahan baku serta bahan mentah untuk industri.
4. Tempat untuk mendapatkan hiburan
Dalam hidup, manusia tidak hanya membutuhkan makanan, pakaian, maupun tempat tinggal saja. Akan tetapi mereka juga memerlukan hiburan agar terhindar dari rasa jenuh dan stress. Di lingkungan sekitar kita banyak sekali menyediakan saran maupun prasarana guna mencukupi kebutuhan tersebut, seperti dengan adanya danau, gunung-gunung, taman, peternakan, pantai  dan lain sebagainya.
5. Sebagai sarana edukasi
Lingkungan hidup juga menyediakan sarana pembelajaran bagi manusia, dimana kita bisa melakukan hal-hal untuk menambah wawasan kita seperti dengan mengadakan penelitian lingkungan, study, dan lain sebagainya.
6. Sebagai sumber kebudayaan
Lingkungan hidup juga memiliki peran yang penting dalam perkembangan seni budaya, dimana lingkungan sangat berpengaruh terhadap tingkah laku manusia yang menjadi salah satu unsur pembentuk budaya.

Kesimpulannya dengan menjaga lingkungan sekitar merupakan langkah untuk menyelamatkan bumi kita. Begitu banyak bencana yang diakibatkan oleh manusia karena ketidakpedulian terhadap lingkungan. Jika tidak maka bumi ini akan semakin rusak. Jadi jagalah lingkungan ini seperti kamu menjaga barang favoritmu.

Related Posts

Lingkungan Sekitar Penting Untuk Dijaga
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.