Artikel kali ini akan membahas bagaimana meload image/gambar eksternal ke dalam flash. Biasanya, untuk memasukan gambar kita melakukannya dengan cara mengimport nya melalui menu File > Import. Nah, gimana kalo gambar yang di load berada di luar file flash? Caranya yaitu dengan menggunakan perintah loadMovie().
Bentuk penulisan :
loadMovie(nama_file_gambar, target);
loadMovie(nama_file_gambar, target);
Contoh :
1. Buat dokumen baru flash.
2. Buka panel action, lalu ketikan script berikut:
1
| loadMovie( "android.jpg" , _root); |
3. Simpan file dengan nama LoadImage.fla. dan letakan satu folder dengan file gambar yang akan di load.
4. Pada saat movie dijalankan, gambar akan terload ke dalam movie. Secara default, file gambar yang di muat akan diletakan pada koordinat 0,0.
5. Jika ingin mengatur posisi koordinat yang di tuju, gambar harus ditampung terlebih dahulu ke dalam sebuah movie clip.
Misalnya :
1
| loadMovie( "android.jpg" ,_root.movieLoader); |
atau :
1
| _root.movieLoader.loadMovie( "android.jpg" ); |
Pada saat movie di jalankan, hasilnya adalah sebagai berikut:
Jika file gambar berada di dalam folder yang berbeda, misalnya file android.jpg ditaruh di dalam folder “image”. maka, script cukup diganti menjadi.
1
| _root.movieLoader.loadMovie( "/image/android.jpg" ); |
Cara Meload Gambar External Ke Dalam Flash (AS2)
4/
5
Oleh
Resma Adi Nugroho